WebXOX adalah sebuah sequencer dan program drum digital dengan variasi empat suara berbeda, ciptaan Irritant Creative, yang dapat diakses secara gratis, langsung dari browsermu. WebXOX dapat dimainkan di desktop seri terbaru serta browser seperti Chrome, Safari dan Firefox namun hanya untuk versi iOS.

Web audio dalam program ini dijanjikan akan dapat diakses dengan kecepatan tinggi dan tanpa playback yang laggy atau tersendat-sendat, seperti masalah kebanyakan pada kemampuan audio web-browser.

Suara drum yang dihasilkan oleh WebXOX mengimitasi karakteristik suara drum Roland klasik. Nama WebXOX sendiri diambil dari nama drum klasik buatan Roland tahun 1980-an, terutama TR-606, TR-707, TR-808 dan TR-909. Seperti 606 dan 808, WebX0X mensintesis semua suara dengan menggunakan osilator sederhana, generator suara, filter dan generator amplop (909 menggunakan campuran sintesis analog dan digital sampel, sedangkan kemudian 707 sepenuhnya dibuat berdasarkan sampel), dan memiliki fitur sequencer yang terintegrasi untuk mengontrol pola. WebX0X memiliki 4 synthesizer, atau “suara”. Tidak seperti kebanyakan mesin drum analog yang klasik, WebX0X menggunakan algoritma yang sama untuk semua suara. Setiap suara disetel menyerupai berbagai jenis drum secara default (kick, snare, hihat dan cowbell), tetapi juga mampu menghasilkan berbagai macam suara perkusi lainnya. Hal ini membuat WebX0X sangat fleksibel.

Semua program ini, dihasilkan dari dalam browser sebab WebXOX telah didesain untuk menonjolkan kemampuan Web Audio API. Bagi yang penasaran, program ini dapat diakses di situs https://irritantcreative.ca/projects/x0x

Sumber: http://www.musicradar.com/news/tech/webxox-a-free-drum-machine-in-your-browser-625785