Di seluruh belahan dunia, banyak tersembunyi produser-produser musik dan penulis lagu berbakat yang terlalu takut menghadapi mikrofon. Padahal, lagu yang telah diisi vokalnya selalu lebih berpotensi secara komersil dibandingkan dengan penyajian instrumental.

Tapi para vokalis pun memiliki masalah mereka sendiri. Berapa banyak para vokalis dengan suara emas namun tak tahu harus bagaimana mulai merintis karir? Cerita seperti ini sudah menjadi masalah di mana-mana. Untungnya, kini telah hadir sebuah layanan online yang dapat mempertemukan produser dan vokalis. Vocalizr, adalah sebuah situs yang dicanangkan untuk menjadi pasar pencarian dan penemuan bakat secara dua arah untuk kerja kolaboratif dari seluruh dunia. Vocalizr berperan sebagai perantara untuk menjembatani produsen dan vokalis serta membantu proses kerjasama antara keduanya. Proses pencanangan kerja sama antra dua phak ini disebut, Gig.

Jika Gig tersebut sudah selesai dan karya kolaborasi sudah dihasilkan, maka para anggota lain dapat memberikan penawaran untuk membelinya. Namun jika dalam pengaturan Gig tersebut ditujukan sebagai konten private, maka hanya orang-orang tertentu yang diundang, yang dapat menawar hasil karya kolaborasi tersebut. Ada juga sebuah fitur yang dinamai Contest, di mana produser memajang dan mengunggah materi lagu mereka di profilenya dan para vokalis dapat menunjukkan bakatnya melalui materi tersebut.

Mendaftar di Vocalizr tentunya gratis, baru pada saat kita mengadakan Gig dan karya tersebut laku terjual, pihak Vocalizr akan memotong komisi dari keuntungan Gig dengan persentase kecil. Namun jika ingin berperan sebagai si produser, maka kamu harus membayar komisi kepada Vocalizr sebagai perantara di depan sebelum mengadakan Gig untuk menjamin bahwa kamu benar-benar serius mencari vokalis untuk bekerja sama. Vocalizr mengklaim bahwa sejak ia diluncurkan sejak awal 2015 lalu hingga sekarang, pihaknya telah membayarkan lebih dari $60.000 USD ke vokalis-vokalis di seluruh dunia yang sukses melaksanakan Gignya.

Sumber: http://www.musicradar.com/news/tech/vocalizr-brings-producers-and-vocalists-together-625373