Satu lagi band pendatang baru menjajal peruntungan di blantika musik Tanah Air. ASSA Band, grup musik asal Semarang yang digawangi Ridho (Gitar), Rizky (Bass), Sandi (Drum), dan Yugo (Vokal) ini hadir lewat debut berjudul Tak Berbalas, sebuah single lirih dibungkus poprock beritme mid-slow.

 “Ini single perdana kami di label Seven Music,” kata Ridho sang gitaris mengawali pembicaraan.

 “Sebenarnya, kami sebelumnya sudah punya 2 lagu yang di rilis tanpa bendera dari label, yaitu berjudul Semua Karena Cinta, dan Bukan Milikku” saut Yugo si Vokalis

 Ditambahkan Ridho, Tak Berbalas merupakan single poprock yang bertutur soal drama klasik kasih tak sampai. “Temanya sebenarnya hanya soal cinta seseorang yang tak kesampaian. Dia tak berani bilang to the point, tapi ending-nya tetap nggak enak. Nggak ada respon lah intinya,” beber Ridho lagi.

 “Ya istilah puitisnya, cinta bertepuk sebelah tangan gitu kurang lebih” tambah Rizky bassist ASSA Band.

 Ditambahkan Ridho, lagu ini diakui dibuat instan. Setelah diaransemen bareng personel lainnya, seminggu kemudian mereka langsung masuk dapur rekaman.

 “Hanya butuh bebeberapa menit saja untuk menciptakan lagu ini. Kemudian kita aransemen selama seminggu lalu langsung recording. Sound lirik saya dibantu teman-teman yang lain, diaransemen bareng-bareng,” kata Ridho yang juga pencipta lagu Tak Berbalas.  

 Sekilas, Tak Berbalas kental bergenre pop. Tapi jika ditelisik lebih jauh, ada sentuhan rock di sana. “Sentuhan rock bisa dirasakan di distorsi gitar yang terdengar lebih tebal, serta ketukan drum yang benar-benar ngerock,” tutur Ridho.

 Meski era kejayaan pop sudah lewat beberapa dekade lalu, Ridho Cs optimistis mampu merengkuh pasar. Setidaknya, lagu mereka diterima masyarakat.

 “Optimis pasti. Tapi kami tetap realistis, gak muluk-muluk. balik lagi, kita serahkan ke masyarakat. Targetnya ingin dikenal masyarakat dan mendapat animo yang baik” ujar Ridho lagi.

 Belum lagi dirilis, ASSA Band diam-diam sudah menyiapkan single teranyar mereka yang masih dirahasiakan. “Saat ini kami memang sudah menyiapkan materi untuk single terbaru. Tapi, sekarang masih ingin fokus dulu dengan Tak berbalas,” tukasnya.

 Grup band ASSA terbentuk pada 17 Agustus 2014 lalu. Band ini dibentuk di Semarang, meski semua personelnya berasal dari Pemalang, Jawa Tengah.

“Kami semua sama-sama kuliah di Semarang,” tukas Ridho.

 ASSA Band sendiri memiliki karakter unik di setiap karyanya, yaitu disetiap lagu mereka selalu menambahkan bagian dimana semua personel ikut bernyanyi.

 “Disetiap lagu yang kami kerjakan pasti ada bagian dimana kami semua ikut andil bernyanyi” kata Sandi sang drumer