Perkembangan teknologi digital saat ini memudahkan kita untuk membuat rekaman sendiri dirumah dengan kualitas yg cukup memadai. Kali ini Seven Music Indonesia akan mencoba memberikan tutorial bagaimana rekaman sederhana menggunakan ADDA (Analog to Digital, Digital to Analog) device Presonus FireStudio Mobile dan DAW (Digital Audio Workstation) Garage Band.

Di episode pertama ini akan lebih banyak membahas soal anatomi Presonus FireStudio Mobile, mulai dari fungsi utamanya hingga detail connector yang ada di di device ini. Menurut www.musiciansfriend.com produk ini menggabungkan antara superior analog-circuit design dan platform teknologi Presonus Firestudio dengan kemampuan mobilitas yang tinggi, sehingga kita bisa merekam musik dan vocal dimana aja.

Kemampuan mobilitas yang tinggi ini semakin menarik ketika  Presonus FireStudio Mobile disandingkan dengan notebook berkemampuan sedang, dalam tutorial ini kita menggunakan macbook pro yang masih menggunakan prosesor core 2 duo, jadi kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk bisa men-setup mini studio menggunakan device ini (Harga Presonus FireStudio Mobile sekitar Rp 3,500,000). Tambahan lagi, kualitas yang dihasilkan juga mumpuni, menurut kami sudah layak untuk dijadikan master, namun tentunya perlu sentuhan mixing dan mastering profesional supaya memenuhi standar kelayakan untuk di edarkan.

Presonus FireStudio Mobile memiliki 8 channel input, 2 di depan dan 6 di belakang, yang menariknya device ini bisa di paralel, sehingga jika kita membutuhkan channel yang lebih banyak , bisa dengan menggabungkan 2 sampai 3 device secara bersamaan, maximal sampai dengan 52 channel. Meskipun device ini terlihat kecil, namun sudah menggunakan top-of-the-line komponen, termasuk XMAX preamp dan high-definition, 24-bit, 96 kHz konverter digital,  dengan dynamic range 118 dB., dan device ini menawarkan jalur sinyal yang sama seperti mixer StudioLive-series nya Presonus. (sumber dari http://www.presonus.com)

Untuk lebih jelasnya silahkan mengikuti video tutorial kami ini, dan jangan lupa subscribe ke youtube channel Seven Music Indonesia di http://www.youtube.com/sevenmusicindonesia, karena kami secara rutin akan memberikan tutorial, tips-tips & review produk yang bisa dijadikan bahan belajar dan referensi.