Dulu, acara seni identik dengan pengemasan yang membosankan dan bertempatkan di museum yang bernuansa kaku. Namun sejak tahun 2012, semakin banyak acara-acara festival dan pagelaran kebudayaan yang diadakan di Jakarta maupun Indonesia, dengan target audiens para mahasiswa dan pekerja muda. Salah satu acara festival seni dan budaya yang telah lama diadakan setiap tahun di Indonesia adalah Printempts Français. Tahun 2014, Printempts Français merayakan 10 tahun usianya di Indonesia.

Tahun 2015 kini, untuk mengawali dekade kedua festival ini di Indonesia, maka Institut Français Indonesia (IFI) menghadirkan sesuatu yang berbeda. Jika pada tahun-tahun sebelumnya karya seni yang dihadirkan adalah karya seniman Prancis, kali ini, beberapa seniman Indonesia turut diajak berpartisipasi. Hal ini untuk menekankan kesan hubungan dua negara, Indonesia dan Prancis yang terwujud dalam banyaknya kerja sama termasuk dalam bidang kesenian.

Printempts Français ini akan diadakan selama sebulan sejak 15 Mei hingga 16 Juni 2015. Festival ini akan diadakan secara serentak di 11 kota-kota besar Indonesia antara lain; Jakarta, Yogyakarta, Bali, Bandung, Malang, Medan, Padang, Pontianak, Semarang, Solo dan Surabaya. Jadi tidak perlu khawatir kalau tidak tinggal di Jakarta, siapa pun yang berdomisili di kota-kota tersebut akan dapat menyaksikan rangkaian pertunjukan seni dan budaya dan menambah wawasan tentang negara Prancis. Jadwal pelaksanaan festival dapat kamu unduh dari situs resmi IFI.

Sumber: http://www.ifi-id.com/printemps/editorial.html