Piawai dalam menciptakan lirik dan lagu mungkin adalah sebuah bakat, mungkin juga merupakan hasil latihan dan disiplin bertahun-tahun. Apapun itu, keahlian membuat sendiri materi lagu yang akan dinyanyikan oleh seorang vokalis atau dimainkan seorang player, merupakan nilai plus yang selalu dihargai dan banyak dicari. Namun apakah materi lagu yang bagus juga merupakan kunci menuju kesuksesan bagi para musisi? Sebab kunci utama yang akan membuka pintu menuju industri musik bagi setiap penyanyi dan musisi, adalah sebuah foto dan band profile yang tepat.

Membuat sebuah foto dan band profile tidak harus mahal, asal terkonsep dengan matang. Selain harus sesuai dengan image band yang ingin dibangun, foto harus dapat menampilkan karakter masing-masing personel. Pemilihan lokasi pemotretan dan permainan warna juga haruslah disesuaikan dengan musik yang diusung. Semisal musik Disco, biasa identik dengan konsep foto dengan permainan warna-warna neon yang dipadukan dalam pakaian maupun properti dan latar belakang.

Foto dan Band Profile yang baik, dapat menggugah rasa ingin tahu dan ketertarikan calon penggemar bahkan sebelum mereka mendengar lagu dari band tersebut. Dari sanalah awal ciri khas sebuah band dapat dilihat dan dikembangkan nantinya. Jadi, rasanya mengeluarkan uang sedikit untuk membayar seorang fotografer professional adalah harga yang sepadan, bukan?

sumber: http://blog.discmakers.com/2015/05/how-to-take-a-great-band-photo-and-headshot/