Perkembangan musik Elektro dan Dance meningkat pesat dalam 5 tahun belakangan ini. Mulai dari lahirnya band ataupun grup beraliran EDM murni, maupun yang menggunakan unsur elektro hanya sebagai pelengkap ciri khas sound yang ditampilkan band. Banyaknya karya musik yang menggunakan banyak unsur suara-suara rekaan melalui synth, laptop maupun keyboard, membuat para produsen semakin keras bersaing membuat produk-produk hardware controller. Mulai dari pembaharuan fitur yang mempermudah akses control ke segala software, hingga bentuk hardware controller itu sendiri.

Beberapa tahun terakhir ini, para produsen controller berlomba-lomba membuat hardware yang lebih kecil dari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar hardware controller dapat digenggam di tangan pengguna dan tak memakan banyak tempat di antara tumpukan hardware lain seperti mixer, laptop, dll hingga mempersulit penggunaannya. Dengan ukuran yang lebih kecil, diharapkan akan semakin mudah mengontrol software dari device pihak ketiga dan menghasilkan suara yang diinginkan.

Namun Hardware Controller produksi Livid Instrumen terbaru kini benar-benar membawa arti baru pada kata “kecil”. Produk yang dinamai Minim ini hanya sebesar pocket-sized dengan kemampuan yang tak kalah dari controller berukuran kotak dan besar membosankan. Bahkan, Minim memiliki fitur kontrol yang membuatnya sensitif dan reasponsif terhadap tekanan, sensor gerak 3D dan koneksi nirkabel. Livid mengatakan bahwa ukuran Mini yang kecil namun fitur yang lengkap akan sangat mempermudah para penggunanya.

youtube
please specify correct url

Sumber: http://www.musicradar.com/news/tech/is-livid-instruments-minim-the-worlds-most-portable-midi-controller-625516