Foto band merupakan bagian kecil dari kelengkapan promosi awal sebuah band yang ingin meluncurkan albumnya ke pasar, baik indie maupun mainstream. Tanpa press kit yang lengkap, akan sulit bagi media dan promotor untuk mengenal sebuah band. Dengan press kit yang baik, kita dapat menggiring opini media dan pasar untuk menilai band yang ingin dijual.

Sebuah press kit yang baik membuat pekerjaan seorang wartawan, blogger, bahkan penyiar radio untuk mereview sebuah band jauh lebih mudah. Dengan kata lain, kesempatan untuk dapat muncul di artikel media cetak maupun online menjadi lebih besar dan nama band pun akan semakin cepat terdengar. Langkah awal dalam tahap promosi ini nantinya akan menimbulkan efek berantai yang menguntungkan bagi sebuah band, terutama yang baru saja muncul di industri musik.

Lalu bagaimana cara membuat press kit yang baik? Tentu dengan benar-benar mengkonsepkan jati diri band tersebut. Mulai dari lagu, penulisan press release, foto profile, CD album hingga flyer haruslah menyuarakan satu ciri khas dan keunikan dari band tersebut. Sebab tanpa sebuah keunikan dan ciri khas, sebuah band hanya akan tenggelam di derasnya arus persaingan industri masa kini. Press kit yang baik adalah sebuah keuntungan bagi band yang dinaungi label, terutama label besar sebab biasanya promosi ditangani oleh orang-orang yang memang sudah ahli di bidangnya. Bagi band indie, hal inilah yang harus diberi perhatian khusus. Jangan sampai, musik kalian tak terdengar oleh orang-orang yang tepat, hanya karena press kit yang tidak mencerminkan ciri khas band

sumber: http://blog.discmakers.com/2015/04/the-purpose-of-a-band-press-kit/