Marhaban ya ramadhan,

Di bulan Ramadhan 1439 ini, Kaizu merilis single religi. Berjudul “Kemana Jalanku Pergi”, ini adalah single religi pertama setelah band ini terlebih dulu merilis dua single, Modus dan Ada Yang Harus Kamu Tau”.

Menggandeng Ryan HO, penyanyi yang sudah wara-wiri di dunia soundtrack, nuansa pop rock balada khas Kaizu masih nampak di single barunya.

Keluar dari stereotipe musik religi itu harus berbau timur tengah atau bernuansa minor dan teduh, band yang digawangi Mario Saskara (Gitar), Haryo Suryo Kusumo (Vokal). Muh Tauhid Paliweng (Bass) dan Dominco Whando (Drums) malah mengolah pop rock dengan distorsi yang menyalak, meski tetap ramah di kuping, dengan lirik yang berisi renungan tentang jalan hidup manusia.

Berbekal kemasan modern/alternative rock, tetap dengan sound yang “galak” khas mereka menjadikan lagu ini tak terkesan sebagai lagu yang bernuansa religi, baik musik maupun judul dan lirik lagunya.

Dalam berbagi aspek, dengan menyimak lirik dan musiknya, lagu “Kemana Jalanku Pergi” bisa dibandingkan dengan beberapa lagu religi milik grup band GIGI yang memang tak terdengar seperti lagu religi, sebut saja seperti “Jalan Kebenaran”, “Amnesia”, atau “Aku dan Aku”.

Mungkin istilah pop religi hanya embel-embel sebagai single yang bisa dinikmati di Ramadhan. Meski pada kenyataannya, single berdurasi 4 menit ini bisa cocok di semua waktu, baik di bulan Ramadhan atau tidak.

Kemana Jalanku Pergi

Tuhan tolong hambamu

Agar tak tersesat dalam

Indah duniamu

Lirik yang bisa dinikmati dan dinyanyikan oleh siapa saja, tanpa terkesan mengotak-kotakkan agama. Karena hakikatnya, hubungan manusia dengan Tuhan adalah hubungan personal mereka yang tak bisa diganggu oleh siapapun.

Maka akan cocok bila lagu ini disuguhkan kepada manusia yang salah jalan, yang merasa jalan hidup mereka salah karena mereka suka berfoya-foya dalam kenikmatan dunia.

Membuat sebuah rajutan lagu balada yang indah bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi menulis lagu yang berisi renungan dan doa kepada Tuhan.

Kaizu dengan “Kemana Jalanku Pergi” telah berhasil membuktikan bahwa semangat Ramadhan bisa menyusup dalam lagu-lagu populer seperti yang dibuat Kaizu.

Tak muluk-muluk, mereka berharap agar single kolaborasi Kaizu dan Ryan HO ini bisa diterima oleh insan musik Indonesia dan supaya kita makin dikuatkan agar tak terjerumus dalam kenikmatan dunia.