Siapa yang tidak kenal Amy Winehouse? Amy baru berusia 24 tahun saat ia dianugerahi 6 Grammy Award untuk album Back To Black. Talenta suara yang ia miliki sebagai seorang penyanyi Jazz merupakan idaman setiap penyanyi lainnya. Namun sedihnya, banyak orang mengenal Amy bukan karena prestasinya di bidang musik ini melainkan karena tragedi keracunan alkohol yang menyebabkan Amy meninggal di usia 27 tahun.

Dikenal sebagai sosok yang penuh kontroversi, Amy selalu tampil dengan gaya khas ceplas-ceplos. Amy bukanlah seperti kebanyakan penyanyi papan atas lain yang mengutamakan pencitraan. Perempuan nyentrik ini tak pernah takut tampil apa adanya meskipun berantakan, bahkan di acara-acara penghargaan resmi kelas dunia. Namun Amy ini bukanlah Amy yang dikenal oleh orang-orang terdekatnya, para sahabat, para rekan kerja yang pernah berkarya bersamanya. Amy yang mereka kenal adalah orang yang berbeda.

Amy Jade Winehouse yang sebenarnya akan diungkapkan melalui sebuah film dokumenter garapan Asif Kapadia, sutradara film Senna, yang telah berulang kali memenangkan penghargaan di festival-festival film dunia. Pada teaser trailer yang pertama diluncurkan bulan April lalu, terlihat cuplikan dokumentasi Amy kecil sedang berbicara tentang ketakutannya menjadi terkenal.

Film berjudul “Amy” ini sudah dirilis ke bioskop-bioskop seluruh Inggris pada tanggal 3 Juli 2015, dan diikuti oleh bioskop-bioskop lain seluruh dunia.