Seperti apakah cinta yang suci itu? Tanyakan kepada pasangan anda. Tanyakan kepada orang terdekat anda, sahabat anda. Masih belum ketemu jawabannya? Kalau begitu tanyakan saja kepada Kris Monte, penyanyi pop bersuara merdu. Dalam liriknya, beliau sedikitnya memberikan definisi singkat tentang seperti apa cinta suci itu.

Pertama, cinta suci adalah cinta yang butuh banyak pengorbanan. Ya, apa artinya cinta tanpa pengorbanan? Kita sendiri sudah melihat banyak sekali pengorbanan yang dilakukan pasangan yang rela berkorban untuk cinta mereka.

Kedua, cinta tumbuh dalam perbedaan. Klise jika menganggap bahwa banyak persamaan, disitu akan tumbuh cinta, tidak selalu. Justru cinta tumbuh subur di tengah perbedaan karena tugas cinta sebenarnya adalah untuk menyatukan semua perbedaan dan saling melengkapi satu sama lain.

Karakter suara Kris Monte yang jernih, tanpa terasa pas untuk menyanyikan lagu ini. Tanpa embel-embel hiasan tehnik vokal tertentu, namun vokal Kris ibarat cakar elang yang mampu meraih nada-nada dari rendah ke tinggi. Dinamikanya mumpuni, dan yang pasti cocok dengan jenis musik tipikal pop balada, menambah kesan yang dalam dari lagu ini.

Meski lagu ini terkesan spesifik untuk hubungan cinta mesra antara laki-laki dan perempuan, namun single “Cinta Suci” ini juga bisa direaliasikan dalam hubungan manusia antar manusia. Bagaimana lewat lagu ini, manusia saling berkorban untuk sesamanya, meskipun mereka berada dalam perbedaan, dari suku, agama ras dan adat istiadat.

Semoga dengan single “Cinta Suci” ini, kita makin disadarkan bahwa Cinta adalah kunci dari semua konflik dan muara dari semua permasalahan