Punya lagu-lagu yang oke tapi ‘gak punya uang buat bayar studio rekaman? Atau baru mulai nge-band tapi alat masih pinjem sana-sini? Mungkin ada yang sedang bingung karena albumnya sudah jadi, tapi ‘gak berhasil mendapatkan sponsor untuk membiayai biaya cetak album dan acara peluncuran?

Jaman sekarang, sudah banyak cara untuk mewujudkan sebuah proyek menjadi nyata melalui crowdfunding alias urun dana. Berikut ini adalah beberapa tips singkat agar crowdfunding dapat lebih efektif:

  1. Jangan Mengemis
    Crowdfunding bukanlah kegiatan meminta sumbangan. Sebagai pemilik proyek, kita harus bisa memberikan imbalan yang menarik dan pantas bagi para donatur.
  2. Uang untuk CD Album? No.
    Memberi imbalan album kita bagi para pemberi uang sudah terlalu awam dilakukan. Coba beri imbalan lain yang lebih kreatif seperti memberi kesempatan untuk menghabiskan waktu nongkrong seharian bersama si musisi/band idola, misalnya.
  3. Jangan Serakah
    Mintalah sesuai dengan kebutuhan. Jangan lantas melakukan crowdfunding untuk setiap kegiatanmu bermusik. Work for it, Man!Dengan tips di atas, para musisi seharusnya tidak perlu lagi membingungkan soal dana dalam berkarya. Yang perlu diingat adalah bahwa kebanyakan dari yang rela memberikan uangnya untuk mendukungmu berkarya, adalah fansmu. Maka beri mereka penghargaan setinggi-tingginya dengan menampilkan karya maksimal.

Sumber: http://www.musicbusinessworldwide.com/how-to-successfully-crowdfund-a-music-project/