Apa yang membuat sebuah lagu bagus?

Jawabannya bisa beragam, bisa jadi musiknya, melodinya, atau liriknya. Semua tergantung dari mereka yang mendengarkannya. Ada yang terpapar karena liriknya, karena musiknya, intronya atau melodinya.

Dan lagu bagus tak melulu lagu cinta. Kadang lagu-lagu yang sifatnya kritik atau sindiran juga tak kalah bagusnya.

Lagu dari band Efek Rumah Kaca (ERK) yang berjudul “Cinta Melulu” adalah satu dari salah satu lagu bernuansa kritik yang bagus.

Lagu yang dirilis dari album ERK di tahun 2008 sempat menjadi hits di radio. Namun sekarang ini orang sudah mulai lupa dengan lagu ini.

Tidak sampai ALEXA, grup musik power pop asal Jakarta, mengaransemen ulang lagu hits ini.

“Kebetulan Alexa dan ERK nggak beda jauh, kurang lebih ‘seangkatan’ jadi secara gak sengaja kita juga dengerin Efek Rumah Kaca waktu itu. Dari awal dengerin lagu ini, ini lagu emang nge-hook banget di kuping gue. Baik dari melodi lagunya, liriknya, juga musiknya menjadi satu kesatuan yang luar biasa berkenan dan meninggalkan jejak di hati gue.” kesan Aqi Alexa tentang lagu “Cinta Melulu-nya ERK.

“Dari gak sengaja ikutan denger sampe akhirnya menanti lagunya diputer di radio,” tambahnya.

Saking ngefansnya dengan lagu ini, ALEXA pun memutuskan untuk mengaransemen ulang lagu ini.

“Kenapa kita mengaransemen ulang lagu ini karena jujur, lagunya bagus dan kita gak bisa bikin lirik seperti ini. Pokoknya kita ngefans banget sama ERK” lanjut Aqi tentang alasan membuat versi aransemen dari lagu ini.

Secara melodi tidak ada yang berubah, hanya aransemennya yang sedikit diutak-atik menjadi lebih berkarakter, menyesuaikan dengan ciri musik ALEXA.

Begitu mulai, kita langsung didengarkan oleh vokal Aqi yang melantunkan reff lagunya yang familiar banget.

“Lagu cinta melulu

kita memang benar-benar melayu

suka mendayu-dayu

lagu cinta melulu”

“Reff nya kuat banget, statement banget menurut gue. Diantara lagu-lagu cinta yang beredar saat itu, mereka ngeluarin lirik kaya gitu … yang pada saat itu lirik yang mereka tulis itu gak salah juga.” Komentar Aqi soal reffnya.

Vokal Aqi yang khas di suara rendah menyatu dengan karakter musik ALEXA yang memadukan pop dan rock dengan unsur string section yang membuat lagu ini makin kaya dan bernas.

Lagu ini menjadi single keempat Alexa yang yang diambil dari album Dulu, Kemarin, Sekarang yang dirilis tahun 2015 lewat label Seven Music dan ALEXA Management. Sebelumnya mereka merilis single “Pulang”, “Satu Yang Terpenting” dan “Bulan”. Dan perlu dicatat bahwa “Cinta Melulu” adalah satu-satunya lagu cover yang ada di album yang telah beredar secara digital ini.

Semoga single “Cinta Melulu” aransemen ALEXA ini jadi anthem buat penikmat musik Indonesia yang kangen dengan lagu yang bagus dan berisi.