Kebanyakan band berlatih hanya saat mereka akan segera tampil dalam sebuah gigs. Biasanya, mereka akan berlatih beberapa hari sebelum acara, terus menerut mengulangi lagu yang akan mereka bawakan saat tampil nanti dan berharap itu cukup untuk menjamin penampilan mereka akan bagus. Mereka sama sekali tidak memiliki tujuan dan harapan apa yang sebenarnya ingin mereka capai dari penampilan tersebut.

Seharusnya, saat band sedang berlatih untuk sebuah acara, setiap personil harus membedah lagu yang mereka bawakan. Menganalisa cerita dan emosi di balik lagu tersebut, lalu memutuskan pengaplikasiannya dalam gaya ataupun aksi panggung. Musisi yang baik sudah harus dapat membayangkan, pada lagu kedua, di bait ini, penonton harus mengangkat tangan dan turut bernyanyi bersamanya. Atau pada lagu keempat, para penonton akan turut melompat-lompat bersama seluruh personil.

Tapi itu jarang sekali terjadi. Kebanyakan anak band hanya menghafal urutan lagu, fokus agar tidak salah saat memainkan instrumen, dan berharap penonton akan cukup senang melihat itu. Band seperti ini biasanya akan terkejut saat di salah satu bagian lagu penonton bereaksi lebih ekspresif. Contoh, saat di bagian melodi gitar yang panjang, sang gitaris secara spontan memanjat kick drum dan memainkan solonya lalu penonton bertepuk tangan ricuh mengagumi gayanya. Yang awam terjadi, aksi panggung ini akhirnya akan terus diulang-ulang mengharapkan reaksi yang sama.

Ini terjadi karena para pesonil tidak memahami lagu yang mereka bawakan dan tidak merencanakan penampilannya dengan sebaik mungkin. Akhirnya, semua bergantung pada spontanitas. Uji coba aksi panggung yang terkadang malah membosankan dan membuat penonton jengah. Jadi, mulailah mencatat dan merencanakan, di bagian mana vokalis akan mengajak penonton untuk ikut bernyanyi, di lagu apa gitaris akan maju dan mengambil alih perhatian dengan part solo. Dengan perencanaan ini, maka setiap band tak perlu lagi salah tingkah saat tampil karena kehabisan gaya.

Sumber: http://blog.discmakers.com/2015/02/rehearsing-with-a-purpose/