Sejak bertahun-tahun lalu, ajang pencarian bakat yang diadakan di Indonesia telah banyak melahirkan nama-nama baru ke belantara musik tanah air. Sayangnya, tak semua pemenang kompetisi ini bertahan di industri. Kebanyakan dari mereka hanya menelurkan satu single atau satu album, kemudian menghilang begitu saja. Namun tak sedikit juga dari para pemenang ajang ini yang akhirnya menjadi salah satu soloist terbaik Indonesia hingga sekarang dan menghasilkan hits-hits yang merajai pasar. Salah satu yang bertahan adalah Ashya, pemenang kontes Bintang Asik yang diadakan oleh Telkomsel 2014 silam dan pernak sukses dengan single debutnya sebagai juara yang berjudul “Legenda”.

Anisah Rizqa Syafitri, atau yang lebih akrab disapa Ashya, kembali meramaikan industri musik Indonesia dengan single barunya yang merupakan sebuah repackage version dari lagu milik band La Luna yang pernah populer beberapa tahun lalu. “Penggalan Kisah Lama” yang dikemas dengan aransemen musik berwarna lebih modern.

Di lagu ini, Ashya menegaskan bahwa ia bukan lagi seorang anak perempuan kecil, melainkan seorang gadis remaja yang tengah beranjak dewasa. Hal ini terlihat dari lirik lagu yang dipilih bercerita tentang pengalaman cinta pertama yang tak terlupakan, sebuah tema yang sangat familiar untuk penikmat musik remaja.

Tak hanya lirik yang bertemakan cinta ala ABG, pemilihan lagu dengan genre Easy Pop namun dengan tambahan unsur kekinian melalui beat RnB terdengar sangat pas mengiringi suara Ashya dan menjadikan “Penggalan Kisah Lama” sangat easy listening. Yang lebih menarik adalah, lagu ini tak seperti lagu repackage pada umumnya yang masih dibayang-bayangi image sang penyanyi asli. Tambahan vokal rapper Kyriz Boogieman jelang penghujung lagu menyempurnakan lagu ini hingga utuh seolah disulap menjadi single baru milik Ashya. menanggalkan ciri khas La Luna dari lagunya.

“Penggalan Kisah Lama” berhasil menjadi sebuah lagu easy-listening namun sama sekali tidak kacangan. Aransemen musik yang dikemas dengan sangat hati-hati dan rapih serta suara vokal yang jauh lebih matang, merupakan bukti bahwa Ashya telah siap terjun sepenuhnya ke industri musik dan menjadi salah satu soloist yang patut ditunggu karya-karyanya.