Ada beberapa hal yang tidak dimengerti para pecandu Vinyl menyangkut cara bermain sebagai seorang DJ. Ini bukan hanya masalah suara yang dihasilakn lebih otentik dengan CD lawas seperti Vinyl, namun bermusik adalah tentang kenyamanan serta efisiensi biaya dan waktu. Itulah sebabnya, cara terbaik untuk bermain sebagai DJ adalah bermain dari komputermu.

Saat ini, seorang DJ sangat bergantung pada software dan program yang ia gunakan untuk menghasilkan suara. Program yang user-friendly ditambah jika memiliki fitur-fitur tambahan untuk menghasilkan suara yang berbeda inilah yang membuat para DJ akhirnya memutuskan bahwa laptop adalah zona nyaman mereka. Dan tidak ada yang salah dengan itu menggantungkan hidupmu pada sebuah aplikasi. Kamu hanya harus teliti memilih.

Beruntung, kini pasar aplikasi yang dibutuhkan seorang DJ sudah semakin baik dari sebelumnya. Kini menggunakan dua bahkan empat deck pun bukanlah sesuatu yang sulit. Hanya dengan sebuah hardware controller, kamu akan paham rasanya memegang kendali atas semua perangkat lunak yang berjalan di dalam komputer.

Dengan cara ini, tidak sulit menghasilkan jenis suara apapun, bahkan yang se-old school Vinyl, hanya melalui laptopmu. Beberapa software terbaik dengan fitur paling lengkap untuk seorang DJ adalah, Mixxx, Gibson Deckadance, Serato DJ, Abbleton Live dan Native Instruments Traktor Pro.

Sumber: http://www.musicradar.com/news/tech/the-10-best-dj-software-applications-in-the-world-today-589833