Setiap musisi punya alasan tertentu untuk menciptakan sebuah lagu. Ada banyak alasan mengapa sebuah lagu bisa menjadi sebuah lagu mellow, dramatis atau bahkan bisa ceria, bersemangat dan sebagainya.

Anima dikenal sebagai band dengan single-singlenya yang indah. Dari sejak single Janji Sampai Mati”, disusul “Aku Tercipta”, para personil band ini nampaknya lihai dalam mempermainkan nada-nada yang indah dengan variasi beat dan aransemen yang catchy.

Jalinan yang harmonis antara tarikan suara Rio dengan suara bass dari Eldy, sayatan gitar Nunoz, suara piano dan string keyboard dari Armin dan drum dari Caesar sebagai pencipta dan penjaga tempo sudah terbukti sudah menjadi ciri khas dari musik Anima yang tidak bisa disamakan dengan band-band yang lain.

“Kami selalu memikirkan orang lain yang mendengarkan lagu kita. Kadang orang mendengarkan lagu untuk pembangkit semangat mereka atau moodbooster, ada orang yang memang pengen suasana yang mellow, kami usahakan untuk membuat bermacam lagu dari beragam suasana,” kata Eldy. Bassist Anima yang bertanggung jawab terhadap sebagian besar lagu Anima.

Seakan-akan anak-anak Anima tau benar isi hati dari tiap pendengar musik mereka.

“Katakanlah” adalah upaya untuk mengatakan sesuatu yang jujur kepada pasangannya. Bagaimana menjaga hubungan agar langgeng butuh sebuah komitmen sedari awal. “Katakanlah” adalah sebuah pengakuan untuk cinta.

“Jika kau mencintaiku, katakanlah”

Sebuah kalimat yang simpel yang kadang para pasangan sendiri kadang ragu untuk mengatakannya. Pada akhirnya, hubungan mereka kandas di tengah jalan karena satu dengan yang lain tidak setia atau ragu dengan komitmen mereka.

Karena kebahagian atau yang orang bilang dengan sebutan cinta sejati lahir dari sebuah komitmen dan komitmen berawal dari kejujuran.

“Bagaimana pasangan kita tau kalo kita benar-benar mencintai dia kalau kita berani untuk mengatakannya?” ujar Rio.

Anima kian produktif dalam membuat karya. Sebuah band yang patut dicontoh oleh band-band lain yang ada di Indonesia, bahwa apapun pun hal yang bakal terjadi di Industri musik Indonesia kelak, tugas band sejatinya adalah membuat karya. Dan Anima akan terus dan terus membuat karya.

Semoga single baru Anima juga bisa melengkapi perbendaharaan musik Indonesia.