Jika ada grup hip hop terkini yang menyajikan lirik-lirik bernuansa islami, maka Aleehya adalah salah satunya.

Aleehya adalah grup muslim trio asal Indonesia. Terbentuk di awal tahun 2017, trio populer dan unik karena lirik-lirik lagu yang ditulisnya yang mengandung semangat islami yang terbungkus dalam genre Hip hop dan EDM sebagai unsur kekinian.

Sebut saja judul-judul lagu seperti “Apa Kabar Assalamualaikum”, “Syukur Alhamdulilah”, “Ucapkan Bismillah”, “Ya Ramadhan” dan “Insya Allah Umroh”.

Aleehya diambil dari kata “Al-ihya” yang bermakna menghidupkan atau kehidupan.

Komitmen mereka satu: Menjadikan musik sebagai sarana menyebarluaskan sholawat dan lagu dalam konten semangat islami.

Lewat nama ini mereka berharap Aleehya menjadi sarana yang Allah Ridhoi dapat menghidupkan Sholawat dan menanamkan cinta yang lebih dalam kepada Nabi Muhammad Saw.

Aleehya digawangi oleh Ari (arranger musik), Dian (rapper) dan Danu (lead vocal). Di awal tahun 2018, trio ini mulai mengemas syair-syair Sholawat dengan musik populer.

Menurut mereka langkah ini bertujuan agar sholawat lebih mudah diterima dan disebarluaskan pada masyarakat saat ini.

“Pertama kami mencari syair sholawat, kemudian kami masuk ke dalam tahapan recording dan aransemen musik,” ungkap mereka menjelaskan proses produksi lagu-lagunya, termasuk salah satunya   “Apa Kabar Assalamualaikum”.

Assalamualaikum sendiri merupakan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim.

Salam ini adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia.

Tak hanya umat islam, salam ini juga digunakan oleh kultur Kristen di Timur Tengah yang mempunyai arti “kedamaian dan kesejahteraan” bagi yang mengucapkan salam dan penerima salam tersebut.

Salam bukan sekadar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita

Sebagai sebuah salam, Assalamualaikum mengingatkan kita bahwa kita semua bergantung kepada Allah SWT. Tak satupun makhluk yang bisa mencelakai atau memberikan manfaat kepada siapapun juga tanpa perkenan Allah SWT

Semua proses produksi single “Apa Kabar Assalamualaikum” ini juga single-single Aleehya lainnya digarap di Studio 77 Bogor yang jadi basecamp Aleehya.

Semoga single hip hop “Apa Kabar Assalamualaikum” dari Aleehya ini bisa diterima di pecinta musik Indonesia.