Memilih pickup yang tepat untuk perform dengan gitar akustik, dapat mempermudah hidup seorang gitaris. Dengan pickup yang tepat, kita tidak perlu lagi bergantung kepada microphone sebab suara yang dihasilkan akan cukup nyaring dan keras tanpa bantuan pengeras suara lain.

Pada dasarnya, ada 3 pilihan yang harus ditentukan saat ingin menentukan pilihan pickup seperti apa yang akan digunakan yaitu; Pickup Undersaddle, yang terletak di bagian bawah bridge gitar dan cukup awam ditemukan di gitar-gitar akustik-elektro mahal. Pickup Contact ataupun Pickup Soundboard yang biasa diletakkan tepat di lempengan bridge gitar hingga lebih detail dalam menangkap suara yang dihasilkan. Yang terakhir adalah Pickup Soundhole yang terletak tepat di lubang badan gitar dan paling mudah untuk dipasang.

3. Seymour Duncan Woody

Masih khawatir soal harga? Tenang saja, sebab ada pickup Seymour Duncan Woody yang dinobatkan sebagai pickup murah dengan kualitas istimewa oleh para reviewer MusicRadar.com.

Diproduksi oleh salah satu produsen Pickup tertua di dunia, Seymour Duncan, pickup passive ini tidak akan mengecewakan siapapun yang memilihnya. Kualitas suara yang stabil dan meyakinkan, membuat Woody mencari salah satu pickup akustik yang paling dicari-cari. Pickup ini tersedia dalam 3 seri yaitu; SA-3 DC Single Coil, HC SA-3HC Humbucker dan XL SA-3XL yang pengaturan pemasangannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan.