Memilih pickup yang tepat untuk perform dengan gitar akustik, dapat mempermudah hidup seorang gitaris. Dengan pickup yang tepat, kita tidak perlu lagi bergantung kepada microphone sebab suara yang dihasilkan akan cukup nyaring dan keras tanpa bantuan pengeras suara lain.

Pada dasarnya, ada 3 pilihan yang harus ditentukan saat ingin menentukan pilihan pickup seperti apa yang akan digunakan yaitu; Pickup Undersaddle, yang terletak di bagian bawah bridge gitar dan cukup awam ditemukan di gitar-gitar akustik-elektro mahal. Pickup Contact ataupun Pickup Soundboard yang biasa diletakkan tepat di lempengan bridge gitar hingga lebih detail dalam menangkap suara yang dihasilkan. Yang terakhir adalah Pickup Soundhole yang terletak tepat di lubang badan gitar dan paling mudah untuk dipasang.

2. LR Baggs M80

LR Baggs M80 memang tidak murah untuk ukuran sebuah pickup Soundhole. Tapi harga tersebut tentu sangat sepadan dengan kualitas dan hasil yang akan didapatkan dari pickup pilihan para gitaris ternama ini. Dengan desain Humbucker yang ringan, LR Baggs M80 mampu menangkap setiap suara yang dihasilkan soundboard dengan sempurna dan alami dengan menyaring suara gerakan jari agar tidak tertangkap oleh device.

Pickup keren ini juga dilengkapi dengan menu operasi aktif-pasir. Fitur tambahan ini memberi kebebasan player ingin memakainya dengan tenaga baterai atau tidak. Keluar uang sedikit lebih banyak dari biasanya tentu bukan masalah jika sebuah pickup dapat memberi begitu banyak pilihan dan keleluasaan, bukan?