Memilih pickup yang tepat untuk perform dengan gitar akustik, dapat mempermudah hidup seorang gitaris. Dengan pickup yang tepat, kita tidak perlu lagi bergantung kepada microphone sebab suara yang dihasilkan akan cukup nyaring dan keras tanpa bantuan pengeras suara lain.

Pada dasarnya, ada 3 pilihan yang harus ditentukan saat ingin menentukan pilihan pickup seperti apa yang akan digunakan yaitu; Pickup Undersaddle, yang terletak di bagian bawah bridge gitar dan cukup awam ditemukan di gitar-gitar akustik-elektro mahal. Pickup Contact ataupun Pickup Soundboard yang biasa diletakkan tepat di lempengan bridge gitar hingga lebih detail dalam menangkap suara yang dihasilkan. Yang terakhir adalah Pickup Soundhole yang terletak tepat di lubang badan gitar dan paling mudah untuk dipasang.

Lalu, pickup seperti apa yang disebut sebagai pickup gitar akustik terbaik? Berikut ulasan lengkapnya satu per satu.

1. Fishman Rare Earth

Tersedia dalam versi Humbucker dan Single Coil, pickup produksi Fishman edisi Rare Earth ini merupakan jenis pickup Soundhole yang telah dimodifikasi dengan teknik paling mutakhir. Dengan pilihan versi Humbucker, pickup ini menjamin kesempurnaan suara output tanpa noise dan super smooth.

Tidak hanya itu, baterai pickup ini juga dapat bertahan selama kurang lebih 300 jam lamanya. Dalam versi Humbucker, pickup ini juga dilengkap fiture kontrol volume yang akan memudahkan player menjamin kesempurnaan suara permainannya.